Begini Aturan Penggunaan Masker Kain yang Benar

Kesehatan

Masker Kain
Saat mengenakan masker kain, ada beberapa aturan yang harus ditaati. Jika memperhatikan beberapa hal sederhana dijamin kesehatan keluarga tetap terlindungi dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda memahami apa saja peraturannya.

Aturan Menggunakan Masker Kain yang Sesuai Prosedur
Masker berbahan kain ini memiliki banyak keuntungan karena dirasa nyaman serta aman untuk kesehatan. Apabila pemakaiannya benar, dijamin Anda dapat terhindar dari bahayanya virus Corona. Nah, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Tidak Digunakan Lebih dari 4 Jam
Salah satu aturan yang dianjurkan oleh pemerintah ialah penggunaan masker tidak lebih dari 4 jam. Apabila melebihi, maka dikhawatirkan akan memberikan dampak kurang baik. Salah satunya ialah pengguna merasa lembab sehingga ia akan kurang nyaman saat beraktivitas.

Pemakaian maksimal 4 jam ini juga berpotensi mengganggu sistem pernafasan. Untuk itu, pastikan Anda tak mengenakan pelindung diri tersebut melebih batas yang dianjurkan. Lakukan hal ini agar pengguna tetap merasa nyaman memakainya.

2. Masker Berlapis
Salah satu hal yang juga belum diterapkan oleh mayoritas masyarakat ialah mengenakan masker berlapis. Kebanyakan hanya menggunakan apd satu lapis dengan bahan kain kurang tebal. Perlindungannya akan kurang maksimal sehingga Anda dikhawatirkan mudah tertular virus Corona.

Penggunaan masker berlapis ini sangat disarankan karena makin tebal kainnya, semakin bagus pula kualitasnya perlindungannya. Sebaiknya terapkan aturan tersebut agar Anda dapat terlindungi dengan baik. Pengguna hanya perlu merangkap pelindungnya saja.

3. Tetap Jaga Jarak
Meskipun telah mengenakan masker kain, namun pengguna diwajibkan tetap menjaga jarak. Berikan batas yang jelas agar Anda tidak tertular oleh bahayanya virus Corona. Dengan begitu, masyarakat tetap aman walaupun berada di luar rumah. Penerapannya harus dilakukan sedini mungkin.

Tak hanya orang tua, anak-anak pun diharuskan jaga jarak. Jangan sekali-kali bersalaman maupun menyentuh secara langsung. Hal ini demi mengamankan seseorang dari bahayanya COVID-19. Dengan begitu, Anda bisa tetap melakukan aktivitas rutinitas sehari-hari tanpa adanya kendala.

4. Perawatan Masker Bekas Dipakai
Aturan penggunaan masker harus dipatuhi sebab jika tidak, Anda dikhawatirkan berpotensi tertular virus Corona. Untuk itu, pastikan pengguna mematuhi himbauan ini demi memutuskan rantai penyebaran COVID-19. Usai menggunakan apd tersebut, harap letakkan di tempat tersembunyi agar mencemari.

Masker yang telah digunakan sebaiknya segera dicuci menggunakan deterjen dan air mengalir. Apabila belum sempat melakukannya, maka simpan dahulu dalam kantong plastik tertutup. Lakukan itu jika sedang berada di luar rumah. Setelah dicuci bersih, pastikan Anda menjemurnya di tempat panas.

Nah, itulah beberapa aturan mendasar yang harus dilakukan saat menggunakan masker kain. Apabila Anda mematuhinya, dijamin kesehatan akan tetap terjaga. Terapkanlah aturan di atas demi memutus penyebaran virus Corona. Semoga informasi ini dapat memberikan pencerahan.

Tags: