4 Tips Efektif Memilih Instagram Influencer yang Tepat

Lifestyle Teknologi

4 Tips Efektif Memilih Instagram Influencer yang Tepat

Beberapa waktu belakangan, jasa influencer menjadi salah satu yang banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis digital untuk melakukan promosi digital dan meningkatkan penjualan produknya. kamu sebagai pengguna Instagram pasti juga sering mendengar istilah ini dan mengenal banyak orang yang dikenal sebagai Instagram influencer. Kalau kamu salah satu yang merupakan pemilik bisnis mungkin membutuhkan jasa dari influencer ini. Namun sebelum itu, kamu harus tahu bagaimana memilih influencer yang tepat untuk bisnis kamu.

Bagaimana Memilih Instagram Influencer yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Jika diartikan secara sederhana, yang dimaksud dengan influencer adalah orang yang dapat memberi pengaruh pada orang lain. Dalam konteks bisnis digital, Instagram influencer adalah orang yang memiliki jumlah pengikut banyak di akun Instagaramnya dan memiliki pengaruh bisa membuat pengikut yang jumlahnya banyak itu untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Contohnya bisa selebritis, public figure, blogger maupun orang biasa. Karena pengaruh menjadi faktor penting bagi influencer, maka saat memilihnya pun tidak boleh asal. Kalau begitu, kamu bisa coba menerapkan tips berikut.

  1. Pilih yang Sesuai dengan Jenis Bisnis dan Target Pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih influencer adalah sesuaikan dengan jenis bisnis yang kamu jalankan. Setiap influencer ini memiliki potensi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang spesifik di bidang travelling, food enthusiast, beauty dan masih banyak lagi yang lain. Maka dari itu, sebelum memilih influencer, kenali dulu orangnya dan spesifikasinya. Dengan begitu kamu bisa memilih yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Selain jenis bisnis, menyesuaikan Instagram influencer yang akan dipilih dengan target pasar juga penting. Kembali lagi, hal tersebut berkaitan dengan pengaruh apa yang bisa diberikan oleh infleuncer tersebut terhadap bisnis kamu. Misalnya jika target pasar adalah anak-anak, maka pilih influencer anak atau family influencer. Begitu seterusnya.

  1. Perhatikan Reputasinya

Sebagai seorang yang akan mempengaruhi orang lain agar membeli atau menggunakan produk kamu, reputasi menjadi hal penting selanjutnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih influencer. Pastikan influencer yang akan kamu ajak kerjasama memiliki reputasi baik. Selain faktor kenyamanan dalam menjalin kerjasama, influencer dengan reputasi baik tentu memiliki personal branding yang juga baik sehingga dapat membangun image baik untuk brand kamu.

  1. Tingkat Engagement

Tujuan menggunakan jasa Instagram influencer tidak lain adalah untuk melakukan promosi, membangun image brand yang baik dan meningkatkan penjualan dalam bisnis digital. Hal tersebut tidak bisa mengabaikan adanya engagement. Engagement inilah yang akan berpengaruh pada keberhasilan promosi. Karena itu, dalam memilih influencer, kamu harus memperhatikan tingkat engagementnya. Cara paling sederhana bisa dengan membandingkan antara followers dengan jumlah interaksi baik berupa likes maupun komentar pada setiap postingannya.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Tips terakhir dalam memilih influencer untuk mempromosikan produk kamu adalah sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Influencer ini ternyata terbagi lagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah pengikut serta media yang digunakannya. Tentu saja, harga yang ditetapkan pun pasti berbeda. Karena itu, ketahui masing-masing jenis influencer tersebut, lalu pilih yang sesuai kebutuhan dan ketersediaan budget kamu.

Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk di media sosial adalah salah satu strategi digital marketing yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Faktor pengaruh yang bisa diberikan oleh influencer tersebut menjadi salah satu alasannya. Meski demikian, kamu tetap harus cermat dalam menggunakan jasanya. Tips memilih Instagram influencer yang tepat di atas mungkin bisa membantu.